Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyelenggarakan Festival Literasi Sekolah (FLS) yang dilaksanakan pada tanggal 26 sampai dengan 29 Juli 2019, di Plaza Insan Berprestasi, Kompleks Kemendikbud, Jakarta. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud) Muhadjir Effendy membuka langsung Festival Literasi Sekolah (FLS) yang ketiga, pada hari Jumat, 26 Juli 2019 di Plaza Insan Berprestasi Kompleks Kemendikbud, Jakarta. Plt Direktur Jenderal Dikdasmen, Didik Suhardi mengatakan kegiatan Festival Literasi Sekolah ini tidak terbatas pada literasi baca tulis saja tapi juga mencangkup literasi digital, finansial, sains, numerasi serta literasi budaya dan kewargaan.

SD ISLAM AL-HUSNA Bekasi Selatan Kota Bekasi mendapat kehormatan terpilih sebagai perwakilan dari jenjang Sekolah Dasar sebagai peserta Festival Literasi Sekolah III dan membuka stan literasi untuk menampilkan kegiatan literasi yang ada di lingkungan SD Islam Al-Husna. Berbagai macam literasi mulai dari kegiatan literasi baca tulis, literasi digital, sains, numerasi, hasil prakarya, serta rolling banner literasi turut menghiasi stan SD Islam Al-Husna hingga turut menyemarakkan kegiatan festival literasi sekolah tersebut.

Dengan mengangkat tema “Multiliterasi: Mengembangkan Kemandirian dan Menumbuhkan Inovasi”, festival akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti diskusi, perlombaan, pelatihan literasi, peluncuran dan bedah buku, bazar, serta pemutaran film bertema literasi.

Stan Literasi SD Islam Al-Husna mendapat sambutan yang hangat dari banyaknya pengunjung baik dari narasumber, akademisi, guru dan siswa yang berasal dari berbagai penjuru nusantara. Pengunjung yang datang dapat berinteraksi dengan guru dan siswa SD Islam Al-Husna untuk menanyakan hal-hal seputar kegiatan literasi yang ada di SD Islam Al-Husna, yang nantinya menjadi referensi bagi para pengunjung untuk dapat diterapkan di sekolah masing-masing.Direktur Pembinaan SD KEmendikbud, Dr. Khamim, M.Pd  berkunjung ke stan literasi SD Islam Al-Husna dan mengapresiasi berbagai jenis literasi yang diterapkan di SD Islam Al-Husna Bekasi Selatan Kota Bekasi

Stan Literasi SD Islam Al-Husna mendapat kunjungan dari bintang tamu Marissa Haq dan begitu antusias melihat berbagai kegiatan literasi baca tulis, literasi digital, sains, numerasi, hasil prakarya, serta rolling banner literasi yang ditampilkan stan SD Islam Al-Husna. Beberapa agenda acara menarik yang dapat diikuti oleh pengunjung, antara lain, Pelatihan Menulis Kreatif untuk Anak Usia Sekolah Dasar, Lomba Debat Bahasa Inggris dan Lomba Debat Bahasa Jepang (final) jenjang SMK, Diskusi Mengenali Konten Negatif, Hoaks, dan Keterbukaan Informasi Publik, serta Pelatihan Numerasi: “Berpikir Cepat” dalam Numerasi: Matematika Detik”. Pengunjung pun dapat menikmati potongan harga untuk pembelian buku, kuliner, dan stan penjualan lainnya.

Dalam Festival Literasi Sekolah III tersebut, SD Islam Al-Husna menampilkan berbagai kegiatan literasi sekolah yang sudah diterapkan dan dilaksanakan di SD Islam Al-Husna. Stan SD Islam Al-Husna juga mendapat liputan oleh salah satu stasiun televisi swasta yaitu MNC TV, yang akan ditayangkan pada MNC News pada tanggal 05 Agustus 2019, pukul 19.00 WIB.

Pengunjung begitu antusias melihat berbagai bentuk literasi yang ada dan berinteraksi dengan guru dan siswa penjaga stan literasi SD Islam Al-Husna. Pengunjung yang datang merupakan perwakilan dari sekolah-sekolah dari penjuru nusantara, dan salah satu perwakilan dari Papua turut hadir berkunjung ke stan literasi SD Islam Al-Husna.

Tujuan umum gerakan literasi sekolah di SD Islam Al-Husna yaitu untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. Selain itu adapula tujuan khusus gerakan literasi sekolah diantaranya yaitu:

  • Menumbuh kembangkan budaya literasi di sekolah.
  • Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat.
  • Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan.
  • Menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca
http://sdi-alhusna.com/wp-content/uploads/2019/08/FLS-III-2019-1024x724.jpghttp://sdi-alhusna.com/wp-content/uploads/2019/08/FLS-III-2019-300x300.jpgMursadiAgenda Sekolah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyelenggarakan Festival Literasi Sekolah (FLS) yang dilaksanakan pada tanggal 26 sampai dengan 29 Juli 2019, di Plaza Insan Berprestasi, Kompleks Kemendikbud, Jakarta. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI (Mendikbud) Muhadjir Effendy membuka langsung Festival Literasi Sekolah (FLS) yang...